Sandiaga: Kami Fokus di DKI, Tak Tertarik Politik Nasional

Star Tonn | 5:20 AM | 0 comments

Blogstar.com, Jakarta - Dinamika Pilgub DKI Jakarta menarik peneliti Politik Ekonomi dan Indonesianis Fakultas Ekonomi La Trobe University di Melbourne, Australia Jeremy Muholland. Jeremy mewawancarai cawagub Sandiaga Salahuddin Uno terkait pilihannya untuk maju di Pilgub DKI.

 

Wawancara itu berlangsung di Posko Anies-Sandi di Melawai, Jakarta Selatan, Selasa (28/3/2017). Jay, panggilan karib Jeremy, bertanya seputar pengalaman Sandiaga berpolitik hingga keputusannya maju Pilgub DKI.

"Saya berdiskusi dengan seorang yang dipanggil Pak Jay sudah lama meneliti tentang ekonomi dan politik Indonesia dan diskusinya sangat menarik. Berkaitan dengan pengalaman saya selama 18 bulan ini masuk di ajang politik Jakarta yang punya implikasi politik nasional," urai Sandiaga.

Dalam diskusi tersebut Sandiaga menceritakan tentang detik-detik menentukan saat mengajak pasangannya Anies Rasyid Baswedan maju Pilgub bersama dia. Sandiaga mengenang pada 25 September 2016 dini hari, mereka berbincang selama enam jam hingga akhirnya memutuskan maju bersama sebagai cagub-cawagub DKI 

"Titik-titik sangat menentukan di awal enam jam yang sangat menentukan itu kita janjian dari awal fokus 5 tahun ke depan. Saya sudah mendengar DKI ini dianggap batu loncatan. Saya bilang ke Mas Anies kalau melihat sebagai batu loncatan 'I'm not interested with you', saya bersedia jadi cawagub kalau dia fokus membangun Jakarta," kata Sandiaga.

Dari perbincangan itulah Sandiaga mengaku sepakat maju menjadi cawagub mendampingi Anies. Sandiaga mengaku tidak berambisi maju politik nasional.

"Kami ingin membenahi Jakarta dan tidak tertarik politik nasional. Terbukti putaran pertama kami mendapat kepercayaan 40 persen warga Jakarta. Kalau kami yakin scopenya Jakarta bukan nasional menurunkan tensi politik dan membenahi Jakarta keseharian warga Jakarta kebanyakan," bebernya. 

Sementara itu Jay mengaku tertarik meneliti Pilkada DKI karena dia memperhatikan era Joko Widodo. Menurut Jay dia melihat Jakarta kerap menjadi batu loncatan maju politik nasional.

"Saya merasa sekarang ini semenjak Jokowi terpilih menjadi presiden, sudah jelas sekali bahwa Jakarta merupakan batu loncatan buat posisi-posisi kepemimpinan di tingkat nasional," ucap Jay. 

Ketika ditanya alasan memilih untuk wawancara Sandiaga, Jay menyebutnya sebagai suatu kebetulan karena sama-sama berada di komunitas penyuka lari. Selain itu buku-buku biografi tokoh nasional memantik rasa ingin tahunya.

"Memang alasan utama saya dapat akses Bapak Sandi adalah karena memang saya rajin lari jarak jauh di Senayan setiap saya kembali ke Indonesia. Teman-teman saya sudah latihan dengan Pak Sandi dan teman-temannya. Wah bukan main saya senang bisa wawancara beliau," bebernya.

"Faktor kedua saya membaca buku biografi politik Soeharto, Sudarmono, Habibi seringkali ada kata kunci generasi penerus. Saya rasa mereka mengarahkan sebagian besar yang generasi penerus di tingkat elit. Pemimpin baru saya rasa pembesar-pembesar politik itu menyejukkan di Indonesia dan negara lain, afirmasi politik sangat berperan. Untuk bertemu muka dengan salah satu calon pemimpin Jakarta sangat penting memperbaiki mutu penelitian yang melatar belakangi buku saya nanti," ungkapnya.

Ketika ditanya prediksi siapa yang bakal memimpin Jakarta, Jay tidak mau menjawabnya. Dia berharap siapapun yang memimpin Ibu Kota nantinya adalah orang terbaik.

"Ada penelitian nobel prize winner apakah itu pakar ekonomi politik terus politisi cenderung kepedean. Apapun yang mereka putuskan atau prediksi dan khususnya menyangkut dunia perpolitik tidak bisa memprediksi siapapun. 'All I want to say may the best man win'," pungkas Jay. 
(ams/imk) [detik]

Category:

Blog Star:
Blog Informasi dan Berita Terbaru, Berita Politik, Berita Olahraga, Berita Islam, Berita Seleb, Info Kesehatan, Info peluang bisnis

0 comments